Sunday 30 April 2017

Double Cleansing Setelah Naik Gojek? (Skincare 101)

Hello beautiful people of internet!

Yup seperti yang tertulis di judulnya, kali ini saya mau bahas mengenai double cleansing. hmm disclaimer sebelum saya mulai membahas terlalu jauh incase ada yang bertanya-tanya kenapa setelah naik goj*k judulnya, well sebenernya ga spesifik goj*k sih, ya pokoknya kalau kalian merasa sering bepergian naik motor, kalian wajib baca ini (I guess).

Belakangan ini ojek online jadi salah satu moda transportasi paling diminati terutama bagi para kaum hawa yang ingin serba cepat dan tidak mau ribet. Bener kan? Well, saya juga termasuk pengguna ojek online garis keras. Naik motor setiap hari artinya kulit wajah kita terpapar radikal bebas, polusi, dan debu juga setiap hari. Apalagi jika kalian bepergian tidak menggunakan sunscreen, kalian baru saja mendaftar menjadi peserta pemilik tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Eits yang pakai sunscreen juga jangan senang dulu karena belum tentu bebas dari iritasi kulit kalau kalian malas membersihkan wajah. Jadi membersihkan wajah sepulang bepergian sama pentingnya dengan menggunakan berbagai skincare sebelum bepergian. Kalian tidak bisa hanya melakukan salah satu saja lalu merasa cukup.

Umumnya, skincare yang digunakan para wanita sebelum bepergian keluar rumah adalah: toner, serum/essence, moisturizer, dan sunscreen. Kalau kalian merasa sudah memakai itu semua, well, good for you. Tapi sepulang bepergian apakah kalian sudah membersihkan dengan benar? Hmm coba cek lagi. Tahap terakhir dari skincare itu umumnya sunscreen. Setelah itu sebagian wanita memilih untuk menaruh sedikit (atau banyak) makeup di atasnya. Nah tahukah kalian kalau sunscreen dan makeup tidak bertujuan/bekerja untuk diserap kulit? Umumnya mereka akan duduk saja di lapisan luar kulit. Jika kalian bepergian menggunakan motor, diatas makeup kalian akan duduk juga debu dari udara. Bisa dibayangkan kan tebalnya barrier makeup plus debu diatas kulit kalian yang menutupi pori-pori? Barrier ini jika tidak dibersihkan akan menimbulkan masalah seperti: komedo, white head, clogged pore, dan jerawat. Cara membersihkannya yaitu dengan melakukan double cleansing.

Apa sih double cleansing? Double cleansing, seperti namanya, merupakan tahap pembersihan wajah yang dilakukan dua kali menggunakan first dan second cleanser. Kenapa dua kali? Karena barrier yang duduk di atas wajah kalian tidak akan terangkat secara sempurna hanya dengan dibersihkan satu kali, apalagi jika hanya dengan sabun/facewash. Hal pertama yang harus diangkat dari wajah adalah lapisan barrier pertama yaitu debu dan makeup yang berada tepat di lapisan luar kulit wajah kalian. Hal kedua yaitu makeup, sunscreen, dan sebum yang sedikit menyerap dan duduk di dalam pori-pori kalian. Satu kali pembersihan umumya hanya mengangkat lapisan pertama. Lapisan kedua masih akan duduk dengan santai di dalam pori-pori kalian yang jika didiamkan terlalu lama akan menimbulkan masalah. Untuk itu, semua orang yang bepergian menggunakan motor, apalagi menggunakan makeup, wajib hukumnya melakukan double cleansing.

Cleanser pertama sebaiknya cleanser yang lebih heavy duty atau lebih mampu mengangkat kotoran hingga ke dalam pori. Misalnya berupa milk cleanser, oil cleanser, atau cleansing balm. Cleanser ini diharapkan akan melelehkan makeup dan menyerap hingga ke dalam pori untuk mengangkat sunscreen dan sebagian sebum. Cleanser kedua tugasnya lebih ringan yaitu membersihkan sisa-sisa residu makeup atau kotoran yang belum terangkat oleh cleanser pertama. Tapi menurut saran saya, bagi kalian yang menggunakan makeup sehari-hari, sebaiknya ditambahkan tahap pre-cleanse supaya pembersihan yang dilakukan lebih sempurna. Tahap pre-cleanse adalah tahap dimana kalian mengangkat makeup wajah dan/atau mata dengan pembersih makeup yang terpisah seperti dengan eye&makeup remover dan micellar water. Memang terlihat membingungkan dan ribet. Tapi percayalah kulit kalian akan sangat berterima kasih jika kalian melakukan double cleanse setiap hari.

pre-cleanse sweethearts


my first cleanser line


second cleanser babes

Melakukan double cleansing setiap hari sama artinya dengan memberikan kulit kalian napas. Karena seharian pori-pori wajah kalian tertutup oleh produk skincare dan makeup. Tapi jangan lupa untuk melanjutkan dengan double toning ya setelahnya. Apa itu double toning? tunggu postingan berikutnya ya!



Much love,


No comments:

Post a Comment